TANPA PEMAIN ASING DAN BATASAN USIA

SOLO – Dalam Kongres Tahunan PSSI 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Sabtu (13/01), memunculkan keputusan yang dianggap cukup memihak tim konstestan Liga 2.

Dalam kongres tersebut menelurkan beberapa keputusan penting. Di antaranya tanpa penggunaan pemain asing dan tidak adanya batasan usia pemain.

“Tanpa pemain asing, dan batasan usia pemain. Direncanakan, kompetisi bergulir akhir Maret dan berakhir November. Regulasi resmi akan dibahas dalam manager meeting pada Februari mendatang,” jelas wakil CEO Persis Solo, Dedy M Lawe, usai mengikuti kongres.

Sebelumnya beredar wacana adanya penggunaan dua hingga tiga pemain asing untuk Liga 2, karena pada musim 2018 sudah mengarah ke kompetisi profesional. Bahkan, beberapa klub peserta Liga 2 sudah ancang-ancang mulai mengincar pemain asing untuk mengisi slot.

Termasuk salah satunya Persis Solo, yang sudah bersiap mengontrak dua atau tiga pemain asing, jika pada kompetisi 2018 menggunakan pemain asing. Manajer Persis Solo, Freddy Muli menanggapi positif perubahan komposisi usia pemain terkait di Liga 2 pada musim kompetisi 2018.

“Ya, dengan adanya perubahan tersebut, otomatis komposisi incaran pemain berubah. Sebelumnya diwacanakan adanya slot pemain asing. Kami akan rapat internal dengan manajemen, terkait perubahan ini,” kata Freddy Muli, Sabtu (13/1).

Laskar Sambernyawa kini berkekuatan 19 pemain dari rencana perekrutan 23-25 pemain musim 2018. Tidak hanya Persis Solo yang menunggu regulasi baru dari PSSI. Tim peserta Liga 2 pun, menurut Freddy, juga masih wait and see untuk mengontrak pemain dengan usia di atas 25 tahun.

Di tim Persis saat ini, terdapat tujuh pemain berusia 25 tahun ke atas, yakni Bayu Andra, Tri Handoko, Galih Sudaryono, Setiawan, Eli Nasoka, Sunarto, dan M Wahyu.

Dengan perubahan tersebut, Freddy Muli dengan manajemen dan para asistennya akan kembali mencari tambahan pemain pekan depan.

“Saya harus koordinasi dahulu dengan manajemen. Kita akan aktif mencari pemain pekan depan,” tambah Opa.

Kapten tim Persis musim 2017, M Wahyu mengaku bersyukur tanpa adanya batasan usia. Dia sebelumnya waswas jika regulasi PSSI musim 2018 memberlakukan batasan usia seperti musim sebelumnya.

“Alhamdulillah jika tanpa batasan usia. Tak hanya saya yang waswas, pemain-pemain di tim lain juga merasa khawatir dengan batasan usia tersebut. Kompetisi musim 2018 akan semakin ketat. Kami optimistis, Persis meraih tiket Liga 1,” tegas Wahyu. (www.persis-solo.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *