SEBELUM KE BANTUL, TIM PERSIS ZIARAH KE MAKAM PANGERAN SAMBERNYAWA

KARANGANYAR – Skuat Persis Solo diajak berziarah ke makam Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I, yang akrab disebut Raden Mas (RM) Said di kompleks Astaga Giribangun Karanganyar, Kamis (4/5/2017).

Pemain dikenalkan siapa sebenarnya sosok yang sering disebut Pangeran Sambernyawa dan mengapa Persis mendapat julukan Laskar Sambernyawa.

Julukan Pangeran Sambernyawa diberikan oleh Nicolaas Hartingh, gubernur VOC, karena di dalam peperangan RM Said selalu membawa kematian bagi musuh-musuhnya.

Dari sini, tim Persis diharapkan bisa menaklukkan musuh-musuh selama kompetisi berlangsung, seperti jiwa kesatria yang dimiliki Pangeran Sambernyawa. Selama ini seluruh pemain hanya mengenal melalui lagu yang dinyanyikan Pasoepati dan mendapatkan julukan Laskar Sambernyawa.

“Selama iki saya pribadi belum tahu siapa Pangeran Sambernyawa. Tapi dari literasi yang saya baca, Pangeran Sambernyawa adalah RM Said. Ziarah ini sekaligus saya ingin tahu dimana makam Pangeran Sambernyawa, ” kata Joko Prayitno.

Sekjen Persis Solo, Langgeng Jatmiko menambahkan, kegiatan ziarah ini untuk memperkenalkan kepada para pemain siapa sosok Pangeran Sambernyawa.

” Sebagian besar pemain berasal dari luar Kota Solo, kegiatan ziarah ini memperkenalkan siapa Pangeran Sambernyawa dan sepak terjang beliau semasa hidup. Spirit ini diharapkan bisa menjadi semangat perjuangan tim Persis untuk menuntaskan misi promosi Liga 1,” kata Langgeng.
Pelatih Widyantoro menambahkan, ziarah ini juga sebagai kegiatan di luar latihan untuk refreshing jelang laga penting lawan Persiba Bantul di Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu (7/5/2017).

“Selama ini pemain mendengar Pangeran Sambernyawa dan julukan Persis yakni Laskar Sambernyawa. Di sini tadi kita berziarah ke makam Pangeran Sambernyawa dan sedikit dijelaskan siapa Pangeran Sambernyawa dan mengapa tim Persis juga dijuluki Laskar Sambernyawa,”ujar Widyantoro.

Setelah berziarah ke makam Pangeran Sambernyawa, tim juga berziarah ke makam presiden kedua RI Soeharto dan Ibu Tien Soeharto yang masih satu kompleks. (BC – www.persis-solo.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *