PERSIS GUNAKAN ALAT CANGGIH UNTUK MEMONITOR DENYUT JANTUNG PEMAIN

PASANG SABUK: Pelatih fisik Persis Solo, Budi Kurnia, memasang sabuk denyut jantung ke dada Bayu Andra dalam sesi latihan di Stadion Sriwedari, beberapa waktu lalu. (www.persis-solo.id-LBC)

SOLO – Pelatih fisik Persis Solo, Budi Kurnia, memberikan sentuhan berbeda dalam sesi latihan fisik yang diberikan kepada M Wahyu dan kawan-kawan. Budi Kurnia menggunakan alat canggih untuk mendeteksi denyut jantung dan program latihan dalam salah satu sesi latihan.

Alat apa yang digunakan untuk mengukur denyut jantung pemain?

  • Saya menggunakan sabuk denyut jantung Polar. Sabuk ini dipasang di dada pemain saat melakukan aktivitas latihan.

 Bagaimana penjelasannya?

  • Polar adalah suatu alat olahraga canggih yang bisa mendeteksi denyut jantung, GPS, kalori, durasi waktu, dan kecepatan gerak pemain saat melakukan aktivitas olahraga.

Cara kerja alat ini seperti apa?

  • Adalah ketika alat polar tersebut dipakaikan di pemain, baik berupa tali yang disimpan di dada, maupun berupa jam tangan (smartwatch) dengan mudah polar tersebut bisa mendeteksi denyut jantung, kalori yang keluar, jarak yang ditempuh pemain dalam satu sesi latihan, pada saat awal hingga selesai latihan.

Untuk memonitor denyut jantung bisa tersambung ke Android atau perangkat lainnya?

  • Hebatnya lagi, polar bisa tersambung dengan Android atau IPhone dengan cara download aplikasi yang tersedia dan tersambung dengan polar. Hanya tinggal nyalakan bluetooth antara polar tersebut dengan ponsel atau tablet. Maka, setiap gerakan terekam dalam GPS, sehingga jengkal demi jengkal aktivitas pemain bisa terekam by data.
REKAM DATA: Hasil rekam denyut jantung dan gerak seorang pemain Persis Solo saat sesi latihan di Stadion Sriwedari, beberapa waktu lalu. (www.persis-solo.id)

Lalu ?

  • Tidak hanya itu, polar juga bisa membantu kita mencapai target dari volume dan intensitas hanya dengan menyetting pengaturan dari polar tersebut. Kita dengan mudah bisa mengetahui tercapai atau tidaknya target latihan. Selain itu ketika memakai ponsel yang sudah tersambung dengan polar, kita diberi panduan secara lisan oleh aplikasi tersebut. Misalkan ketika jarak sudah 1 km, ada panduan dari aplikasi tersebut.

Musim lalu menggunakan cara manual untuk mengetahui denyut jantung?

  • Ya, pada musim lalu untuk mengecek denyut pemain, kita masih cek denyut nadi secara manual ataupun aplikasi smartwatch biasa. Namun dengan adanya polar ini, semua data terekam dengan detail dan sangat mudah. Setiap gerakan pemain terekam sangat jelas.

Seberapa penting alat ini untuk menunjang program latihan?

  • Sangat penting untuk menunjang ketercapaian program pelatih. Tidak akan lagi ada kelebihan porsi latihan atau kekurangan porsi latihan, karena semua sudah ada data yang terbantu dengan aplikasi ini. (www.persis-solo.id)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *