MENDOMINASI LAGA,PERSIS MENANG 6-0 ATAS PS THOR

SOLO – Enam gol bersarang ke gawang PS Thor saat Persis Solo menjalani partai latih tanding di Lapangan Demakan, Mojolaban, Sukoharjo, Rabu (31/01), petang. Enam gol Laskar Sambernyawa dicetak Jalwandi (dua gol), Tri Handoko, Elina Soka, Chandra Waskito dan Bayu Andra.

Pada babak pertama, manajer tim Freddy Muli menurunkan formasi 4-2-3-1 dengan empat lini belakang  ditempati Soni Setiawan, Oky Derry, Asyraq Gufron, dan Dedi Tri Maulana. Heru Setyawan dan Elina Soka menjadi poros lini tengah dengan tiga pemain di depan duo gelandang, Jalwandi, Sunarto, dan Dedi Cahyono Putro, striker tunggal diturunkan Tri Handoko.

Tim Persis mendominasi semua lini. Pergerakan Heru dan Elina Soka benar-benar menguasai lini tengah. Kecepatan Jalwandi dan Dedi serta visi bermain Sunarto membuat lini serang lebih hidup. Sebelum terjadi gol, tiga peluang emas yang diciptakan Tri Handoko, Jalwandi, dan Sunarto masih gagal bersarang ke gawang tim lawan.

Gol pertama dari Jalwandi dicetak setelah Tri Handoko mengecoh barisan pertahanan PS Thor.  Gol kedua, umpan silang sisi kanan dari Dedi Cahyono dimanfaatkan Tri Handoko menjadi gol melalui heading. Handoko menjadi momok lini pertahanan Thor. Akselerasinya mampu merepotkan pertahanan Thor dan membuka ruang Jalwandi, Sunarto dan Dedi CP untuk lebih menusuk.

Gol ketiga, lagi-lagi melalui pergerakan sayap kanan Dedi Cahyono yang bahu-membahu dengan Dedi Tri Maulana. Umpan silang matang itu dengan tenang ditanduk Jalwandi.

Di babak pertama ini, sebenarnya Thor memiliki empat peluang emas. Salah satunya melalui titik putih setelah Gufron melanggar pemain serang Thor di kotak penalti. Permainan cemerlang kiper Ade Chandra Sena yang dicoba dalam partai ini mampu menepis eksekusi penalti. Tidak hanya menjinakkan eksekusi penalti, eks kiper Persib U-21 berhasil memblok tendangan ke arah gawang yang seharusnya menjadi gol.

Babak kedua, Freddy Muli mengganti delapan pemain dan meninggalkan Dedi Tri Maulana, Tri Handoko, dan Elina Soka. Tak berlangsung lama, pelanggaran dari pemain bertahan Thor menghasilkan tendangan bebas. Waskito yang yang maju sebagai eksekutor berhasil mengecoh kiper lawan. Gol kedua diciptakan melalui skema serangan balik yang cepat.

Bola dari lini pertahanan dikuasai Setiawan dan mengirim umpan akurat ke Elina Soka yang berdiri bebas di sisi kiri pertahanan PS Thor. Pemain asal Semarang tersebut melakukan akselerasi ke lini pertahanan dan diakhiri tendangan keras mengarah gawang.

Gol ketiga diciptakan Bayu Andra melalui tendangan bebas cantik. Bola diarahkan ke kiri penjaga gawang Thor yang sudah mati langkah. Gol ketiga dari pemain senior di tim Persis ini mendapatkan aplaus dari ribuan Pasoepati dan Persis Fans yang menyaksikan secara langsung.

Usai pertandingan, Freddy Muli menjelaskan, dalam latih tanding ketiga ini mengedepankan teknik dan skill dalam permainan grup. Enam gol dicetak melalui kerja sama tim dalam organisasi penyerangan yang terencana.

“Gol-gol dalam pertandingan sore ini, yang sering kita latih setiap pagi dan sore. Hari ini kita tidak melihat hasil, tapi lebih pada bagaimana proses gol dengan organisasi permainan dari bertahan ke menyerang yang terencana,” kata Freddy.

Dalam latih tanding ini, M Wahyu masih diistirahatkan untuk proses pemulihan pasca-cedera otot betis kiri. Sementara striker jangkung, Johan Yoga Utama dimainkan 10 menit terakhir.

“M Wahyu kondisi sudah membaik, tapi tidak saya turunkan sore ini, biar pulih 100 persen dulu. Johan Yoga juga tidak dipaksakan sejak menit pertama, dia masih proses penyembuhan,” tambah Opa. (www.persis-solo.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *