MARWAL BERI MOTIVASI DI PASOEPATI CUP II

SUKOHARJO –  Ada kejutan kecil di tengah peserta turnamen sepak bola kelompok umur (KU)-16 Pasoepati Cup II di Stadion Demakan, Mojolaban, Sukoharjo, Minggu (28/01).

Asisten pelatih Persis Solo, Marwal Iskandar memberikan motivasi dan menularkan ilmu serta pengalaman bermain kepada para pemain usia dini.

“Jadi pesepak bola harus disiplin sejak dini, jangan malas berlatih. Semua pemain bola yang sekarang sukses, harus dilihat dari prosesnya. Mereka semua berlatih sangat disiplin sejak belajar bola,” tutur Marwal.

Marwal mencontohkan eksistensi striker Bambang Pamungkas dan Egy Maulana Vikri yang sukses bersama timnas Indonesia pada eranya. Bambang maupun Egy memiliki kemauan keras dan disiplin sejak belajar bola.

“Mau jadi pemain besar tidak?  Kalau ingin sukses, harus disiplin berlatih, menambah menu latihan, jangan pernah merasa puas dalam latihan. Setiap kekurangan pemain, pasti akan dibenahi pelatih,” ujarnya.

Semasa aktif bermain, Marwal dikenal gelandang luas tanpa kompromi dan memiliki stamina di atas rata-rata pemain Indonesia. Hal itu tak terlepas dari pola hidup dan kedisiplinan saat belajar di sekolah sepak bola maupun di klub dia bermain. Dia pemain pertama yang pernah bermain di lima klub besar di Indonesia, seperti PSM Makassar, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, dan Persipura Jayapura.

“Setiap pemain sepak bola harus memiliki TIPS, yakni teknik, intelejensia, personality, dan speed,” katanya di hadapan pemain.

Ichwan Dion, salah satu pemain Pasoepati Football Academy (PFA) Sukoharjo bertanya, bagaimana menambah kemampuan fisik setiap pesepak bola. Tak hanya Dion, beberapa pemain pun bertanya bagaimana menambah kecepatan, heading yang benar, berlatih kelincahan, dan pertanyaan lainnya. Dia pun dengan penuh semangat memberikan contoh dan praktik secara langsung di hadapan para pemain muda tersebut.

Selama 20 menit, selain berbagi pengalaman dan tips bermain, di akhir  acara Marwal memberikan motivasi dan dibarengi dengan foto bersama. (www.persis-solo.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *