HOBI MENULIS, PILIH BERKARIER DI SEPAK BOLA

  • AHMAD RAJENDRA PATURUSI

SOLO – Musim ini, Persis Solo kembali mendatangkan pemain berdarah Makassar untuk posisi lini bertahan. Pemain berusia muda ini diharapkan manajer tim Freddy Muli menambah kekuatan di benteng pertahanan.

Ahmad Rajendra Paturusi, pemain bertinggi 177 sentimeter tersebut ternyata di luar dunia sepak bola, memiliki hobi menulis. Tulisannya tentang ekonomi dan bisnis sudah sering dimuat di portal berita online. Darah jurnalis memang mengalir deras di nadi Rajendra, karena ayahnya adalah seorang jurnalis olahraga di Makassar.

Head to Head pekan ini mengangkat profil pemain yang musim lalu memperkuat PSGC Ciamis dan pernah menyandang gelar pemain terbaik Liga Pendidikan Indonesia (LPI) Zona Sulawesi pada 2011 silam.

Bagaimana suasana Kota Solo? Sudah merasakan kuliner khas Solo?

  • Selama hampir dua pekan ini, saya belum jalan ke mana-mana. Setelah libur kompetisi, badan butuh banyak penyesuaian lagi, jadi waktu kosongnya kebanyakan beristirahat di kamar (mes pemain-Red). Jadi belum sempat keliling Kota Solo dan merasakan ragam kuliner di Solo.

Setelah hampir dua pekan berlatih di tim Persis, bagaimana adaptasi dengan pemain lama dan senior?

  • Pemain senior dan pemain muda di Persis ini pemain berpengalaman semua, itu adalah suatu keuntungan yang besar buat tim. Saya banyak belajar kepada pemain-pemain senior di Persis. Mereka juga sangat membantu proses adaptasi di tim, termasuk tim pelatih yang selalu mengevaluasi setiap kesalahan dalam latihan. Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, kita bisa mengerti saling menghargai kepribadian orang yang beda-beda. Komunikasi dengan pemain senior dan pemain lainnya pun tidak ada masalah. Saya sekamar dengan Mas Johan (Johan Yoga-Red) yang banyak memberikan masukan. Ini sangat penting bagi saya dan pemain muda yang membela tim Persis.

Bagaimana perasaan setelah bergabung dengan tim Persis Solo?

  • Luar biasa bisa bergabung dengan tim besar di Jawa Tengah dan memiliki suporter yang sangat loyal.

Setiap pemain memiliki target pribadi, apa target utama bersama Persis musim ini?

  • Untuk jangka pendek, saya berusaha merebut banyak kesempatan bermain dulu dan berjuang keras untuk mencapai target yang ditetapkan manajemen, yakni lolos Liga 1

Di luar sepak bola, apa kegiatanmu?

  • Saya mahasiswa jurusan Manajemen di Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar, Sulsel, semester terakhir, dan sesekali nulis juga di portal berita.

Memilih jadi penulis atau pesepak bola?

  • Memilih jadi pemain bola, menulis buat selingan di waktu senggang aja.

Posisi favorit saat bermain?

  • Setahun terakhir ini saya bermain sebagai bek kanan, tapi setiap pelatih punya strategi yang berbeda. Bagi saya posisi bermain sama saja meski butuh penyesuaian. Selain bek kanan, saya juga biasa menempati gelandang bertahan dan stopper. (www.persis-solo.id)

NAMA        : Ahmad Rajendra

TTL             : Jakarta, 7 Desember 1995

TB/BB        : 177 cm/68 kg

POSISI        : Gelandang bertahan, bek kanan, stopper

KARIER KLUB

2010-2013: Diklat PPLP Sulsel

2014: Persijap Jepara ISL, Persib U-21

2015: Persela Lamongan

2017: PSGC Ciamis

KARIER TIMNAS

2011:  Timnas U-16

2014:  Timnas U-19B (Piala AFF Vietnam)

PRESTASI

2011: Pemain terbaik LPI zona Sulawesi, peringkat tiga Kejurnas Antar-Diklat di Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *