FREDDY MULI BENAHI KOMUNIKASI PEMAIN

SOLO – Manajer merangkap pelatih Persis Solo, Freddy Muli, menyoroti kurangnya komunikasi antarpemain di dalam lapangan. Hal itu terlihat dalam sesi latihan beberapa hari terakhir saat berlatih game maupun teknik.

Menurutnya, komunikasi sejauh ini cukup bagus, tetapi di dalam lapangan, para pemain kurang bersuara. Dia ingin mengubah paradigma komunikasi pemain, khususnya di dalam lapangan, karena jika tidak dibenahi sedari awal akan terbawa saat bermain.

“Kalau pemain bola tidak ada komunikasi akan susah. Komunikasi antarpemain, khususnya di dalam lapangan harus ditingkatkan. Misalnya berteriak, awas bola, kontrol dulu, pindahkan bola, dan lain-lain, itulah seni bermain bola. Kalau komunikasi di luar lapangan, sudah sangat bagus,” kata Freddy usai memimpin latihan di Lapangan Bolon, Colomadu, Jumat (12/1), petang.

Hari ini, Tri Handoko dan kawan-kawan berlatih pagi dan sore hari dengan materi berbeda di lapangan yang sama. Pada pagi hari, Freddy Muli menekankan pada peningkatan fisik pemain dengan variasi shooting, strength, dengan kombinasi speed.

“Pagi tadi kita latihan 70 persen peningkatan fisik. Melihat hasil tes fisik dan VO2Max di Stadion Manahan, saya cukup puas. Semua pemain memiliki fisik yang bagus. Tiga pekan ini kita tingkatkan kemampuan fisik mereka,” tambah Opa.

Sementara di sesi latihan sore, Laskar Sambernyawa mendapatkan menu didominasi latihan teknik dan seni bermain sepak bola dengan penekananan pada kerja sama tim dan komunikasi.

Permainan bola melalui kedua sayap dioptimalkan Freddy Muli dalam persiapan pra-kompetisi ini. Dua sayap yang diisi Jalwandi, Sunarto, Ahmad Rajendra, Soni Setiawan, Ade Fanny, Dedi Cahyono Putro dan Roni Saputro, diberikan menu tambahan untuk akurasi passing melalui umpan sayap.

Opa FM menginginkan pola-pola umpan pendek cepat dari lini belakang, tengah, hingga lini depan melalui umpan kedua sayap.“Winger kita di kedua sisi ini sangat kuat dan bagus, serta cepat. Harus kita maksimalkan akurasi passing mereka. Ada beberapa kesalahan mendasar dan itu langsung kita evaluasi,” tandasnya. (www.persis-solo.id)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *